Kamis, 02 Juli 2009

Rookie DJ 2009 part 1: Antara Suara dan Bahasa


Hari ini gue harus bangun pagi-pagi sekali (jam 06.00 WIB emang kepagian ya? Hehe), padahal mata gue tuh masih ngantuk banget. Ups, tapi harus semangat buat bangun dan ngerapiin kamar. Hari ini kan ada tes vocal. Tunggu…tunggu, gue bukan penyanyi lo!. Jadi ceritanya tuh gini, pas kapan hari gue tuh dapet sms dari temen gue. Dia tuh salah satu broadcaster di Radio Jember geto deh. Nah, di radio tempat dia kerja tuh sekarang lagi ngadain acara buat mencari broadcaster yang baru dan fresh. Nah, dia ngajak gue buat gabuangan ama tuh acara (wah..berarti gue masih fresh dunk!, heheh GR). Nah kayak geto cerita singkatnya. Tanpa harus gue ceritain gimana cara gue dapet formulir ma ngembaliinnya, hari ini tuh adalah hari pertama buat audisi. Audisi pertama yaitu tes vocal, huh…sempet deg-deggan juga (siapa coba yang gak deg-degan, suara gue kan kayak kuda kejepit pintu dapur). Tapi gue udah berusaha latian kok, mau tau gue latiannya kayak gimana?. Baca koran dengan suara lantang ala pembaca berita, nyanyi-nyanyi gak jelas di kamar kos gue (untung tetangga kos gue gak marah, kalo bu kos sih..no comment), trus sama latian siaran direkam pake handphone gue dan didengerin sendiri pake headset.

Di tempat audisi, wuiisss..pesertanya kayaknya jago-jago semua nieh jadi minder nieh gue. But, bukan Hendra dong kalo tanpa percaya diri tinggi (percaya diri tinggi apa ke-PD-an ya?, hehehe). Kebetulan nama gue ada di urutan ke-2 jadi gak lama-lama nunggu buat masuk keruang audisi. Pas masuk di ruang audisi, mendadak perut gue kayak ada yang nendang-nendang (ups, gue gak hamil kok, masak ada yang nendang-nendang di perut gue), kayaknya ini bawaan nerveus deh, hehehe. Di dalam ruang audisi sebenernya itu ruang recording sih, ada 5 juri yang siap nguji kemampuan gue. Berawal dari pengenalan diri, trus abis geto suruh baca naskah drama, ini yang paling susah, harus pake suara yang berbeda (suara dari mulut ma suara dari p*nt*t, hehe), dan yang terakhir baca berita (ini yang gue suka, soalnya udah latian pake koran bekas, hehe). “Bisa bahasa derah ma bahasa Inggris gak?”, gue jawab aja bahasa Inggris gue pasif (padahal kacau balau, hehe..st..st..ntar jurinya baca blog gue). Kalo bahasa daerah tentunya bahasa ibu gue dong, that’s Osing Language. Langsung deh gue ceplas ceplos pake bahasa Osing kebanggaan gue.

Akhirnya kelar juga dan gue keluar dari ruang tes vocal pake wajah nyantai (padahal dalam hati harap-harap cemas, hehe). Dan akhirnya….pengumuman juga. Hehehe…gak nyangka gue bisa masuk 24 besar dari 56 peserta (lumayan hebat lah bisa menyisihkan separuhnya, hehe). Berarti gue lumayan layak jadi broadcaster,mmm..tapi tuh gara-gara emang vocal gue yang bagus atau gara-gara bahasa Osing gue ya?. Mmmm…(27/06/09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar